PEMBIASAAN MEMBACA AL-QURAN UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER MELALUI “AKSI KELAPA” (Kreativitas, elaborasi, literasi, aktif, patriot, dan agama)

Pembiasaan akan membentuk beberapa karakter diantaranya adalah mandiri, rasa ingin tahu, peduli, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, dan kreatif. Dasar pembentukan karakter itu adalah nilai baik atau buruk. Karakter murid merupakan hasil pengalaman antara nilai baik dalam bentuk energi positif dan nilai tidak baik dalam bentuk energi negatif. Energi positif itu berupa nilai-nilai keagamaan yang bersumber dari keyakinan kepada Tuhan, sedangkan energi negatif itu berupa nilai-nilai yang amoral yang tidak bersumber dari keyakinan. Pembiasaan membaca Al-Quran dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran di kelas. Karena kondisi pandemi maka pembacaan Al-Quran dilakukan dengan cara merekam kegiatan tersebut kemudian di kirim melalui WA Group Pembiasaan sekolah.

Pembiasaan Al-Quran sudah terjadwal setiap harinya dan ditentukan ayatnya agar pelaksanaannya terarah dalam proses pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Quran. Kegiatan pembiasaan membaca Al-Quran ini juga menjadi salah satu progam untuk memperkuat jiwa rohani murid untuk lebih dalam mengenal agama dan kepribadian. Hasil dari kegiatan murid yang dilakukan dibuat jurnal kegiatan pembiasaan dalam sebuah kertas dengan menuliskan nama surat dan ayatnya setiap hari yang ditandatangani oleh orang tua dan guru pembimbing. Hal yang diharapkan adalah murid akan terbiasa dengan membaca Al-Quran setiap hari dan fasih dalam membacanya. Setelah terbiasan dengan membaca Al-Quran maka bisa dilanjutkan dengan menghapal dan memaknai setiap ayat yang dibacanya.