SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA 01 JUNI 1945

1 Juni 1945 merupakan tanggal yang diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila di Indonesia. Pada tanggal tersebut, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang berlangsung di Jakarta, Pancasila dideklarasikan sebagai dasar negara Republik Indonesia.

Pada saat itu, para tokoh dan pemimpin nasional seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan para anggota BPUPKI lainnya bekerja sama untuk merumuskan dan menyusun dasar negara yang akan menjadi pijakan bagi Indonesia yang baru merdeka. Melalui serangkaian diskusi dan perundingan, akhirnya pada tanggal 1 Juni 1945, Pancasila secara resmi diumumkan sebagai dasar negara yang terdiri dari lima prinsip atau sila.

Pancasila sebagai dasar negara mengandung prinsip-prinsip seperti keadilan sosial, demokrasi, persatuan, dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Nilai-nilai Pancasila menjadi fondasi dalam membangun bangsa Indonesia yang beragam dan pluralis.

Sejak saat itu, tanggal 1 Juni diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, seminar, diskusi, perlombaan, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk merefleksikan makna dan relevansi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai pengingat akan kesatuan dan keberagaman yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.